Friday, November 17, 2017

Tantangan hari ke 10

Yeay dah masuk hari ke 10 😘

Bagaimanakah hari ke 10 ini?

Alhamdulillah makin terbiasa komunikasi produktifnya sama si kakak. Semoga habis ini komunikasi produktifnya bisa berlanjut ga hanya ke kakak aja. Tapi ke ayah dan adik juga.

Hari ini tentang negosiasi judulnya. Berhubung besok wiken, jadi kami berencana akan bersepeda di taman bxchange. Oleh karena itu, yang mau ikut bersepeda harus bangun pagi.

"Kakak besok bangunnya harus pagi ya, kayak biasanya aja seperti mau ke sekolah"

"Oke"

"Klo bangunnya siang ditinggal ya sepedaannya"

"Bunda gituuu"

"Lha iya, kan siangnya kita mau pergi. Makanya sepedaan pagi2"

"Yaudah besok ak bangun pagi, tapi ak maunya tidur di kamar mbah"

"Lha kenapa ga tidur sama bunda?"

"Ak kalo tidur di kamar mbah bisa cepet bangun paginya"

Emang iya si, setiap si kakak tidur sama mbahnya. Dia gampang banget buat bangun pagi. Giliran tidur rame2 sama adiknya malah kebalikannya. Duh bunda patah hati ditinggal tidur anak bujang. Hikzzzzzzzzz

Yowes gapapa lah. Semangat olah raga, semangat sehat.

#hari10
#tantangan10hari
#gamelevel1
#komunikasiproduktif
#bunsayiip

Thursday, November 16, 2017

Tantangan hari ke 9

Assalamualaikum

Masih dalam rangka ngumpulin tugas ya buibu.

Ibu2 jaman now pernah ngerasain ga siy kalo suka berharap berlebihan sama anak? Apalagi sama anak TK (ngacung tinggi2)

Harapan mah ngajarin sekali langsung nyangkut ya. Tapi kenyataan mah.. Hihihihi ya gitu deh.

Kayak tadi, kakak baca iqro. Baru 5 menit.

"Udah ah bun"

"Dikit lagi kak"

"Udahan baca iqronya"

"Yaudah kakak sambil gambar mobil 5 menit ya, habis itu diselesaikan baca iqronya"

"Ok"

Sesuai perjanjian siy, jadi beberapa menit sekali si kakak baca sambil gambar macem. Atau ga sambil nulis nama2 temennya yang dia udah hafal huruf2nya. Ya agak lama si baca iqronya cuma ya tak apalah. Namanya juga anak TK.

Klo kata pakar, rentang konsentrasi anak itu, usia anak × 1 menit (cmiiw ya). Jadi kalo anak TK usia 5 tahun bisa anteng belajar selama 5 menit ya udah cakep. Jadi 5 menit sekali, anak itu butuh ice breaking. Ice breaking itu bentuknya macem2. Fungsinya untuk menarik konsentrasi anak agar lebih panjang konsentrasinya. Salah satunya gambar dll sebagai ice breaking. Pinter2 ibunya atau disesuaikan dengan kesukaan anak.

Tetap semangat ya buibu 😘

#hari9
#tantangan10hari
#gamelevel1
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

Wednesday, November 15, 2017

Tantangan hari ke 8

Assalamualaikum wr wb

Masuk ke tantangan hari ke-8 nih. Alhamdulillah semoga istiqomah.

Oiya, jadi gini. Setiap habis magrib, Farrell selalu belajar iqro sama hadits harian. Tapi hari ini lagi ga semangat anaknya. Keluarlah jurus andalan bunda..

*klining klining.. (Bunyi es teh tarik lagi diaduk2 sama bunda)*

Si kakak langsung belo nyamperin bundanya langsung pingin minum teh tarik.

"Aku mau dong bunda"

"Iya boleh, nih minum dulu"

Slruppppp... Kayak iklan teh aja 😂😂

"Baca iqro yuk kak"

"Ayuk.. Aku mau dua lembar ya bun bacanya biar cepet jilid 3 kayak latin"

"Oke"

Bacalah si kakak iqro dan hadits harian sampe selesai.

"Makasi ya bun dah ajarin aku belajar" (sambil cium pipi bunda) 😘😘

"Iya sayang sama2, tetap semangat ya nak belajar nya"

"Iya bunda"

Kayaknya model si kakak emang ga mesti pake ngomong atau pake pertanyaan untuk berkomunikasi produktif. Contoh kalo ditelp juga mau lama2.

Sekarang bunda klo si kakak lagi males nyaut, tinggal diperhatiin aja raut muka sama mood nya. InsyaAllah bunda akan belajar lebih banyak untuk memahami kakak. Dan kakak juga paham apa yang bunda maksud.

#hari8
#tantangan10hari
#gamelevel1
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

Tuesday, November 14, 2017

Tantangan hari ke 7

Hai2 haloo.. Assalamualaikum.

Makin cinta sama program komunikasi produktif ini. Kenapa? karena klo ga diniatin untuk berkomprod, kadang suka ga tergali hal2 yang penting.

Ceritanya, setiap kakak mau berangkat sekolah. Pasti bunda cium pipinya. Belakangan ini dia suka nolak dicium pipinya. Kan gemes ya, anak sendiri ga mau dicium. Langsung di elap huhuhu. Klo ditanya kenapa ga mau dicium. Dia bilang aja ga suka.

Makin penasaran lah bunda. Ternyata tadi pas mau berangkat sekolah, bunda lupa belum pake lipstik. Jadilah dicium itu pipi kakak. Gak lama di elap sambil dilihat tangan bekas elapnya. Oalaaaaah... Dia ga mau dicium klo bunda pake lipstik. Pasti kan berbekas ya. Wkwkwkwk dasar anak2.

Kadang komunikasi itu ga selalu pake kata2, tapi gesture si anak juga harus dibaca.

Makasi nak, besok bunda klo mau cipika cipiki ga pake lipen dulu deh 😘.

#hari7
#tantangan10hari
#gamelevel1
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

Sunday, November 12, 2017

Tantangan hari ke 6

Assalamualaikum.. Balik lagi sama saya ya 😘

Ebo ebo suka emes ga sih klo anaknya ga mau cerita tentang kegiatan anaknya disekolah?? Kan ada tuh ya anak yang tanpa disuruh ceriwis ngomong ini itu tentang sekolah. Ada yang dipancing2 dulu baru mau cerita. Nah.. Si sulung alias si kakak masuk ke tipe yang ke dua. Alias di kilik2 dulu baru ngomong.

Hari ini mancing kakak buat cerita tentang teman2 di sekolahnya. Ceritanya doi sambil main game, karena jatah main game kan sabtu minggu. Jadi kan otomatis lagi hepi tuh kalo ditanya. Manfaatin moment hepi ceritanya. Salah satu kunci buat masuk ke ranah bocil supaya lebih terbuka.

Sambil main game, di elus2 punggungnya. Kira2 udah rileks baru deh nanya.

"Kakak kalo disekolah seneng ga?"

"Seneng"

"Biasanya lebih sering main sama siapa?"

"Sering tu apa bun?"

(oiya dia belum ngerti arti kata sering 😂. Jadi gunakan kata2 yang mudah dimengerti ya buibu).

"Maksudnya sering adalah, kakak lebih banyak main sama siapa?"

"Oh.. Si X, Z, Y... Tapi klo si X suka nakal bun"

(Oke2.. Mamak mulai kenal temennya. Dan klo denger yang nakal2 mamak mulai keluar taring, tapi kudu kroscek dulu nakalnya kayak gimana)

"Yaudah, kalo main yang akur ya. Kalo mau main gantian. Harus sayang sama teman ya nak. Kalo temennya ada yang nakal, kakak boleh bilangin temennya supaya jangan berbuat nakal lagi. Atau kakak bisa bilang ke bu guru. Supaya yang nakal bisa dinasehatin bu guru. Oke ya? "

"Iya"

Jadi note saya kalo ngomong sama anak pake bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti. Dan jangan panjang2. Duh semoga si kakak paham ya tentang pesan2 sponsor saya. Xixixi.

Semangat berkomunikasi produktif ya buibu.. 😘

#hari6
#tantangan10hari
#gamelevel1
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip