Skip to main content

Posts

Showing posts from December, 2017

Aliran Rasa Game Level #2

mAlhamdulillah.. Game level #2 sudah terlewati. Meski cuma ngumpulin 6 hari. Tak apalah. Ke depannya harus lebih disiplin lagi. Semangaaaat.Yang saya tuai dari game level #2 ini adalah kemandirian anak sulung yg mulai tumbuh sedikit demi sedikit. Percaya diri muncul ketika menghadapi masalahnya sendiri. Oleh karena itu, melatih kemandirian ga hanya sebatas laporan saja tapi akan berlangsung seterusnya sampai menjadi suatu kebiasaan yang positif. Insyaa Allah.#Gamelevel2
#BundaSayang
#Melatihkemandirian
#BunsayIIP

Melatih Kemandirian Hari ke 6

Alhamdulillah udah masuk hari ke 6.Salah satu bentuk kemandirian si kakak kali ini adalah doi minta sunat sendiri. Waw kaget lah saya. Secara doi masih TK B kan, saya khawatir belum ajeg keinginannya. Berhubung sudah minta sunat dari sebulan yg lalu, dan baiknya jangan ditunda lebih lama lagi. Akhirnya rabu tanggal 13 Desember 2017, jam 10.30 pagi, kakak resmi disunat. Alhamdulillah kami sebagai orang tua lega banget. Barakallah ya kakak sayang, semoga menjadi anak yg soleh dan bertakwa hanya kepada Allah ta'ala. Doa yang terbaik untuk kakak disetiap nafas ayah bunda. Love you nak.

Melatih Kemandirian Hari ke 5

Alhamdulillah masuk hari ke 5.Hari ini kakak mandi, meletakkan pakaian sudah ga perlu disuruh. Tinggal makannya ni masih perlu latihan biar makan sendiri karena beberapa kali kakak disuapin sama neneknya.Oiya, Kakak udah berani ditinggal di rumah waktu bunda ke warung. Pertahankan ya nak.Sekian #Harike5
#Tantangan10hari
#Kuliahbunsayiip
#MelatihKemandirian

Melatih Kemandirian Hari ke 4

Hari ini kakak Farrell bangun tidurnya agak kurang bersemangat. Kayaknya letih banget. Bunda tau si kalo wiken ini kakak banyak ikut kegiatan jadinya kesiangan deh bangun paginya. Mulai dari mau mandi, harus disuruh2 dan dipantau. Alhamdulillah pake baju mau tanpa disuruh. Tinggal bagian sarapan ni, mulutnya bunda harus cas cis cus ngomong baru masuk sedikit. Kalo sarapan beberapa kali bunda atau neneknya harus turun gunung nyuapin. Karena kalo nunggu mood nya makan lama, keburu jemputan dateng.Okelah, begitu dulu ya progresnya. Tetap semangattt.#Harike4
#Tantangan10hari
#KuliahBunSayIIP
#MelatihKemandirian

Melatih Kemandirian Hari ke 3

Hari ke 3.. Alhamdulillah, perlahan2 kakak sudah terbiasa makan sendiri. Bahkan beberapa kali suka show up sama temennya atau sepupunya, klo makan itu harus sendiri ga boleh disuapi. Hihihihi dasar anak2.Untuk beberes baju kotor ke ember masih perlu diingatkan berkali2.  Yowes gapapa nak.Pakai baju sendiri dah oke, meski kalo kesiangan doi gemrungsung mere mere ga jelas. Ya bunda masih ikut turun tangan makein. Pakai sepatu dan kaos kaki dah mantap. Tinggal merapihkan dan meletakkan kembali ke rak sepatu.Sekian, dan tetap semangat.#Hari3
#KuliahBunsayIIP
#IIP
#Tantangan10hari
#GameLevel2

Melatih Kemandirian hari ke 2

Apa yang kita tanam, itulah yang akan kita petik. Berasa ya, lelah melatih anak untuk terbiasa melakukan pekerjaan mandiri. Tapi insyaAllah sebanding dengan apa yang kita usahakan untuk kebaikan mereka.Jadi di hari kedua ini, makin beras bahwa melatih kemandirian juga harus didukung dengan fasilitas yang ramah anak. Misal, agar anak bisa makan sendiri, sediakan meja dan kursi yang sesuai tinggi anak, makanan mudah diraih, alat makan yang mudah di raih. Untuk makan sih, Farrell masih diambilin, tapi untuk suapan ke mulutnya diusahakan mandiri oleh Farrell. 50% lah dah okey.. Tinggal diasah lagi.Sama halnya dengan memakai baju dan kaos kaki, sudah disiapin terlebih dahulu oleh saya. Karena lemarinya cukup tinggi, jadi ya belum ramah anak untuk dijangkau. Tapi untuk sepatu sudah ramah anak. Jadi Farrell bisa mudah mengambil dan menyimpan kembali sepatunya. Progresnya 50% juga.. Butuh waktu untuk pembiasaan.Bismillah ya.. Semoga ini jadi amal jariah bunda dalam mendidik kamu nak. Semangaa…

Melatih Kemandirian

Assalamualaikum semuanya. Kembali di tugas iip dalam hal ini akan dilatih tentang kemandirian.Mandiri sering dikaitkan dengan kepercayaan diri seseorang melakukan suatu kegiatan. Orang tua manapun pasti menginginkan anaknya untuk mandiri. Tapi kemandirian pada anak bukan hal yang datang begitu saja tanpa dilatih terlebih dahulu. Oleh karena itu, tantangan kali ini sasaran empuknya (kue kali ya) adalah masih si kakak.Saya membuat list untuk melatih kemandiriannya sebagai berikut:
1. Makan dan minum sendiri,
2. Memakai pakaian sendiri,
3. Meletakkan pakaian kotor ke dalam ember sendiri,
4. Memakai kaos kaki dan sepatu sendiri.Kenapa makan dan minum diurutan pertama? Karena si kakak sering banget ga makan kalo ga disuapi. Didukung oleh neneknya alias mbah nya yang ga sabaran liat cucunya makan lamaaaaa banget. Walhasil beliau suka turun gunung buat nyuapin cucunya biar cepet kelar. Ya itulah seninya tinggal bersama orang tua. Pinter2 kita nya untuk mengedukasi mereka agar sejalan dengan …

Melatih Kemandirian

Assalamualaikum semuanya. Kembali di tugas iip dalam hal ini akan dilatih tentang kemandirian. Mandiri sering dikaitkan dengan kepercayaan diri seseorang melakukan suatu kegiatan. Orang tua manapun pasti menginginkan anaknya untuk mandiri. Tapi kemandirian pada anak bukan hal yang datang begitu saja tanpa dilatih terlebih dahulu. Oleh karena itu, tantangan kali ini sasaran empuknya (kue kali ya) adalah masih si kakak.Saya membuat list untuk melatih kemandiriannya sebagai berikut:
1. Makan dan minum sendiri,
2. Memakai pakaian sendiri,
3. Meletakkan pakaian kotor ke dalam ember sendiri,
4. Memakai kaos kaki dan sepatu sendiri.Kenapa makan dan minum diurutan pertama? Karena si kakak sering banget ga makan kalo ga disuapi. Didukung oleh neneknya alias mbah nya yang ga sabaran liat cucunya makan lamaaaaa banget. Walhasil beliau suka turun gunung buat nyuapin cucunya biar cepet kelar. Ya itulah seninya tinggal bersama orang tua. Pinter2 kita nya untuk mengedukasi mereka agar sejalan dengan…