Skip to main content

Posts

Showing posts from November, 2017

Aliran Rasa Komunikasi Produktif

Assalamualaikum semuanya.Alhamdulillah setelah melewati tantangan game level 1. Akhirnya dapet badge kemenangan juga untuk game ini. Terharuuu banget.Tentunya insight yang bisa saya ambil adalah tidak ada satu pun hal yang instan yang dapat kita petik hasilnya. Mie instan aja di masak dulu baru dimakan ya kan? Begitu halnya dengan komunikasi produktif yang mengajarkan pada saya tentang bagaimana belajar berkomunikasi dengan baik terhadap lingkungan di kehidupan saya.Semoga ke depan saya mampu istiqomah untuk berkomunikasi produktif.#gamelevel1
#bundasayang
#komunikasiproduktif
#bunsayiip
#aliranrasa

Tantangan hari ke 10

Yeay dah masuk hari ke 10 😘Bagaimanakah hari ke 10 ini? Alhamdulillah makin terbiasa komunikasi produktifnya sama si kakak. Semoga habis ini komunikasi produktifnya bisa berlanjut ga hanya ke kakak aja. Tapi ke ayah dan adik juga.Hari ini tentang negosiasi judulnya. Berhubung besok wiken, jadi kami berencana akan bersepeda di taman bxchange. Oleh karena itu, yang mau ikut bersepeda harus bangun pagi. "Kakak besok bangunnya harus pagi ya, kayak biasanya aja seperti mau ke sekolah""Oke""Klo bangunnya siang ditinggal ya sepedaannya""Bunda gituuu""Lha iya, kan siangnya kita mau pergi. Makanya sepedaan pagi2""Yaudah besok ak bangun pagi, tapi ak maunya tidur di kamar mbah""Lha kenapa ga tidur sama bunda?" "Ak kalo tidur di kamar mbah bisa cepet bangun paginya"Emang iya si, setiap si kakak tidur sama mbahnya. Dia gampang banget buat bangun pagi. Giliran tidur rame2 sama adiknya malah kebalikannya. Duh bunda pat…

Tantangan hari ke 9

AssalamualaikumMasih dalam rangka ngumpulin tugas ya buibu. Ibu2 jaman now pernah ngerasain ga siy kalo suka berharap berlebihan sama anak? Apalagi sama anak TK (ngacung tinggi2)Harapan mah ngajarin sekali langsung nyangkut ya. Tapi kenyataan mah.. Hihihihi ya gitu deh.Kayak tadi, kakak baca iqro. Baru 5 menit."Udah ah bun""Dikit lagi kak""Udahan baca iqronya""Yaudah kakak sambil gambar mobil 5 menit ya, habis itu diselesaikan baca iqronya""Ok"Sesuai perjanjian siy, jadi beberapa menit sekali si kakak baca sambil gambar macem. Atau ga sambil nulis nama2 temennya yang dia udah hafal huruf2nya. Ya agak lama si baca iqronya cuma ya tak apalah. Namanya juga anak TK.Klo kata pakar, rentang konsentrasi anak itu, usia anak × 1 menit (cmiiw ya). Jadi kalo anak TK usia 5 tahun bisa anteng belajar selama 5 menit ya udah cakep. Jadi 5 menit sekali, anak itu butuh ice breaking. Ice breaking itu bentuknya macem2. Fungsinya untuk menarik konsentrasi…

Tantangan hari ke 8

Assalamualaikum wr wbMasuk ke tantangan hari ke-8 nih. Alhamdulillah semoga istiqomah. Oiya, jadi gini. Setiap habis magrib, Farrell selalu belajar iqro sama hadits harian. Tapi hari ini lagi ga semangat anaknya. Keluarlah jurus andalan bunda..*klining klining.. (Bunyi es teh tarik lagi diaduk2 sama bunda)*Si kakak langsung belo nyamperin bundanya langsung pingin minum teh tarik."Aku mau dong bunda""Iya boleh, nih minum dulu"Slruppppp... Kayak iklan teh aja πŸ˜‚πŸ˜‚"Baca iqro yuk kak""Ayuk.. Aku mau dua lembar ya bun bacanya biar cepet jilid 3 kayak latin""Oke"Bacalah si kakak iqro dan hadits harian sampe selesai."Makasi ya bun dah ajarin aku belajar" (sambil cium pipi bunda) 😘😘"Iya sayang sama2, tetap semangat ya nak belajar nya""Iya bunda"Kayaknya model si kakak emang ga mesti pake ngomong atau pake pertanyaan untuk berkomunikasi produktif. Contoh kalo ditelp juga mau lama2. Sekarang bunda klo si kakak lag…

Tantangan hari ke 7

Hai2 haloo.. Assalamualaikum.Makin cinta sama program komunikasi produktif ini. Kenapa? karena klo ga diniatin untuk berkomprod, kadang suka ga tergali hal2 yang penting. Ceritanya, setiap kakak mau berangkat sekolah. Pasti bunda cium pipinya. Belakangan ini dia suka nolak dicium pipinya. Kan gemes ya, anak sendiri ga mau dicium. Langsung di elap huhuhu. Klo ditanya kenapa ga mau dicium. Dia bilang aja ga suka.Makin penasaran lah bunda. Ternyata tadi pas mau berangkat sekolah, bunda lupa belum pake lipstik. Jadilah dicium itu pipi kakak. Gak lama di elap sambil dilihat tangan bekas elapnya. Oalaaaaah... Dia ga mau dicium klo bunda pake lipstik. Pasti kan berbekas ya. Wkwkwkwk dasar anak2. Kadang komunikasi itu ga selalu pake kata2, tapi gesture si anak juga harus dibaca. Makasi nak, besok bunda klo mau cipika cipiki ga pake lipen dulu deh 😘.#hari7
#tantangan10hari
#gamelevel1
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

Tantangan hari ke 6

Assalamualaikum.. Balik lagi sama saya ya 😘Ebo ebo suka emes ga sih klo anaknya ga mau cerita tentang kegiatan anaknya disekolah?? Kan ada tuh ya anak yang tanpa disuruh ceriwis ngomong ini itu tentang sekolah. Ada yang dipancing2 dulu baru mau cerita. Nah.. Si sulung alias si kakak masuk ke tipe yang ke dua. Alias di kilik2 dulu baru ngomong.Hari ini mancing kakak buat cerita tentang teman2 di sekolahnya. Ceritanya doi sambil main game, karena jatah main game kan sabtu minggu. Jadi kan otomatis lagi hepi tuh kalo ditanya. Manfaatin moment hepi ceritanya. Salah satu kunci buat masuk ke ranah bocil supaya lebih terbuka.Sambil main game, di elus2 punggungnya. Kira2 udah rileks baru deh nanya."Kakak kalo disekolah seneng ga?""Seneng""Biasanya lebih sering main sama siapa?""Sering tu apa bun?" (oiya dia belum ngerti arti kata sering πŸ˜‚. Jadi gunakan kata2 yang mudah dimengerti ya buibu)."Maksudnya sering adalah, kakak lebih banyak main sama si…

Tantangan hari ke 5

Assalamualaikum.Komunikasi produktif kali ini adalah tentang negosiasi sama si sulung.Sabtu ini ada jadwal yang memang wajib hadir dalam acara kantor. Sebenernya si dia protes kenapa hari sabtu kerja."Bunda kenapa si kerja mulu, kan sabtu ""Kali ini aja kak, boleh ya""Aku boleh ikut ga?"Bunda mikir. Ceplok telor bolak balik. Memikirkan venue nya apakah children friendly atau tidak. Akhirnya..."Oke kakak boleh ikut""Asikkk""Ada syaratnya ya.. Kakak harus anteng, ga boleh ganggu yang sedang kerja, ga boleh minta pulang buru2. Dan kita harus berangkat pagiiii sekali. Jadi kakak harus bangun pagi ya""Iya"Berangkatlah kami jam 6.20 pagi. Naik kereta menuju venue. Alhamdulillah anaknya kooperatif dan ga rewel. Terhappy anaknya karena sarapan di venue ada gulali nya. Mamak tenang dan ga merasa bersalah banget. Semoga kamu kooperatif terus ya nak. Laf laffff...Semangat berkomunikasi produktif ya buibu.. 😘#hari5
#tantangan1…

Tantangan hari ke 5

Assalamualaikum.Komunikasi produktif kali ini adalah tentang negosiasi sama si sulung.Sabtu ini ada jadwal yang memang wajib hadir dalam acara kantor. Sebenernya si dia protes kenapa hari sabtu kerja."Bunda kenapa si kerja mulu, kan sabtu ""Kali ini aja kak, boleh ya""Aku boleh ikut ga?"Bunda mikir. Ceplok telor bolak balik. Memikirkan venue nya apakah children friendly atau tidak. Akhirnya..."Oke kakak boleh ikut""Asikkk""Ada syaratnya ya.. Kakak harus anteng, ga boleh ganggu yang sedang kerja, ga boleh minta pulang buru2. Dan kita harus berangkat pagiiii sekali. Jadi kakak harus bangun pagi ya""Iya"Berangkatlah kami jam 6.20 pagi. Naik kereta menuju venue. Alhamdulillah anaknya kooperatif dan ga rewel. Terhappy anaknya karena sarapan di venue ada gulali nya. Mamak tenang dan ga merasa bersalah banget. Semoga kamu kooperatif terus ya nak. Laf laffff...Semangat berkomunikasi produktif ya buibu.. 😘#hari5
#tantangan1…

Tantangan hari ke 4

Assalamualaikum, Setor tugas lagi ah buat hari ke 4, loncat2 ga papa ya 😘. Makin fokus dengan tujuan dari komprod ini adalah mengutarakan tujuan dalam berkomunikasi tanpa harus drama.Semakin hari, si kakak sudah mampu mengutarakan maksud dengan baik. Walo kadang masih suka ngerock kalo ngomong, kadang sambil gelut sama adiknya xixixi. Namanya juga anak2.. Tapi patut diacungi jempol bundanya lah ya 😁.Moment komunikasi yang berkesan hari ini adalah saat kakak minta uang jajan untuk market day di sekolah. Dia mampu mengutarakan permintaannya dengan baik. "Bunda, punya uang 2000 ga?""Untuk apa?""Ada acara market day, yang jualan kakak2 SD, nanti aku didampingin bu guru waktu mau jajan"Kemudian si ayah.."Ini kak" (sodorin 5000)"Banyak banget yah""Ya, nanti dikembaliin uangnya ya. Sisanya buat infak""Ok, makasi ya ayah bunda""Sama2 sayang"Pulang2 anaknya beli mainan dong, emaknya langsung protes kenapa belinya…

Tantangan hari ke 3

Assalamualaikum..Nawaitu engga loncat2 ngerjainnya. Qadarullah, sabtu minggu kebentur banyak acara 😁.Hari ini Proses komunikasi produktifnya lumayan udah mulai ada efeknya ya. Karena tiba2 si kakak..."Bunda, hari ini aku seneng banget" (wajahnya happy)" Emang kenapa kak? Bagi2 dong senengnya""Aku seneng karena bunda ga marah2"Bunda nya bengong, dalam hati tak mungkin aku tak marah dalam sehari, klo berkurang mungkin. Ah anak2.. Selalu deh bikin meleleh."Makasi ya sayang, bunda pun seneng punya anak soleh seperti kakak"Langsung deh pelukan, sambil elus2 kepala kakak, sambil disisipin pesan2 sponsor. Soleh terus kesayangan bunda. Makasi sudah jadi guru buat bunda 😘😘😘Memang tidak ada sesuatu yg langsung jadi. Begitupun halnya dalam berkomunikasi dengan anak. Apapun kendalanya, meski sumbu sabar pendek, seriosa masih sering muncul, saya harus belajar agar menjadi ibu yang profesional.

Tantangan hari ke 2

Assalamualaikum.. Masih stay tune ya disini.Masih ngomongin tantangan level 1 di program bunda sayang Institut Ibu Profesional. Hari ini udah masuk hari ke dua, dimana saya makin dalam menggali bagaimana cara berkomunikasi dengan si sulung.Ceritanya gini:Waktu istirahat di kamar, sambil si kakak mainan mobil2an, saya nemenin dia dengan duduk disebelahnya. Dia tipikal yg menjunjung tinggi privasi. Jadi ada hal2 tertentu yang hanya diceritakan sama saya sebagai ibunya, orang lain ga boleh tau. Tentu saya harus menjaga kepercayaan sulung ini. Jangan sampe ni bibir kayak lamb* tur*h πŸ˜‚ nyablak kemana2. Kan sedih kalo anak sendiri curhat ama orang lain."Bun sini, ak mau bilang sesuatu. Tapi jangan bilang siapa2 ya. "Oke, kakak mau cerita apa?""Ak mau sunat"(Bunda kaget)"Terus kakak maunya kapan di eksekusi? Eh disunat πŸ˜‚?"Besok (sabtu)"(Bunda bengong)"Oke, tapi kan senin masuk sekolah? Nanti kakak jadi bolos beberapa hari sampe luka sunatnya ker…

Komunikasi Produktif

Assalamualaikum..Apa kabar pemirsa? Dududu tanen berattt 😘😘. Sehubungan posting awal 2017 di bulan Februari, baru bisa lanjut di bulan november ini. Doain istiqomah menulis ya.Oiya, kembalinya saya di blog ini salah satu alasannya karena mengikuti Institut Ibu Profesional. Daripada tugasnya dibaca sendiri, lebih baik berbagi kan ya? Siapa tau ada hikmah yang bisa diambil. Setelah melewati tahapan matrikulasi, saatnya menapaki materi bunda sayang. Untuk materi pertama berupa komunikasi produktif. Untuk materi ini, tantangan yang diberikan adalah bagaimana kita sebagai ibu/istri dapat berkomunikasi dengan baik dengan anak maupun kepada pasangan, sehingga maksud dan tujuan tercapai dengan baik tanpa harus salah paham. Tantangan ini diberikan selama 10 hari berturut2. Kali ini, saya akan berkomunikasi produktif dengan sulung. Karena kakak sudah bisa diajak berdiskusi 2 arah dan udah bisa eyel2an.Hari #1,
2 November 2017Jam 05.45, saya membangunkan si kakak agar bersiap mandi dan persiap…