Skip to main content

Posts

Showing posts from March, 2018

Aliran rasa game level 5

Terasa banget kalo apa yang kita tanam sedini mungkin ke anak akan berbuah manis.Kayak si adik, tiap bude atau siapa pun yg dateng ke rumah. Pasti dia langsung lari ke kamar untuk ambil buku. Terus dia kasih ke yg dateng ke rumah buat bacain sambil nunjuk2 gambar yg di dalem buku hahaha. Lucu banget deh.Terus kalo kakak, baca buku atau dibacakan buku menjadi obat bete nya. Semoga bunda dan ayah istiqomah selalu untuk menanamkan literasi sejak dini. Amiiin#AliranRasa
#Gamelevel5
#Tantangan10hari
#KuliahbunsayIIP
#ForThingtoChangeIMustChangeFirst

Game level 5, hari ke 10

Yeay dah hari ke 10.. Semoga rutinitas ini ga hanya sebagai laporan aja ya. AmiiinHari ini kakak dan adek minta dibacain tentang BENDA NAJIS serial dari MUAMALAH ANAK. Adek sih manggut2 aja. Kalo kakak seperti biasanya melontarkan pertanyaan.Jadi kotoran dari hewan yang halal dan haram hukumnya apa dst.Buku ini rekomen banget buat ngajarin anak2 tentang muamalah. Masih ada seri selanjutnya. Semoga ada rejeki untuk mendapatkannya ya nak. Amiiin.#Harike10
#Gamelevel5
#Tantangan10hari
#KuliahbunsayIIP
#ForThingtoChangeIMustChangeFirst

Game level 5, hari ke 9

Hari ini kakak minta dibacakan buku MUAMALAH ANAK. Tokoh utama dari buku ini adalah Zaid. Buku ini menceritakan tentang beberapa muamalah yang baik. Seperti tidak melakukan jual beli kepada anak kecil, tidak mencontek saat ujian dll. Banyak banget insight yang bunda dapet dari buku ini meski ini buku anak2. Ya kakak sudah bolak balik membaca buku ini. Jadi saat dibacakan lagi, seolah ga bosen. Bundanya yg mulai hafal alur ceritanya. Dan katanya kalo aku dah bosen, aku mau kasih buku ini ke sekolah biar temen2 bisa baca. Proud of you boy 😘#Harike9
#Gamelevel5
#Tantangan10hari
#KuliahbunsayIIP
#ForThingtoChangeIMustChangeFirst

Game level 5, hari ke 8

Kakak hari ini minta dibacain hallo balita yang judulnya AKU ANAK PEMBERANI. Tumben banget dia minta baca Halo balita, lagi nostalgia masa kecil ya kak. HihihiSemangat ya sayangku#Harike8
#Gamelevel5
#Tantangan10hari
#KuliahbunsayIIP
#ForThingtoChangeIMustChangeFirst

Game level 5, hari ke 7

Hari ini giliran adik yang dibacakan buku.
Adik bunda bacain buku yg judulnya NYAM.. NYAM.. NYAM.. Ceritanya tentang koala yang pingin banget makan donat setelah membaca iklan donat di koran. Lucu ya, koala pingin donat xixixiBunda dan ayah juga setoran bacaan.Alhamdulillah makin rimbun pohon literasinya ❤.#Harike7
#Gamelevel5
#Tantangan10hari
#KuliahbunsayIIP
#ForThingtoChangeIMustChangeFirst

Game level 5, hari ke 6

Hari ke 6. Kakak minta baca buku tentang transportasi dan rambu lalu lintas. Entah berapa lama itu buku tidak terjamah oleh kita.  Boleh dikatakan keriting luar biasa si buku bacaan tentang transportasi tersebut. Kami pun hati2 dalam membolak balik kan setiap halamannya. Tak bosannya kakak terhadap sang buku.#Harike6
#Gamelevel5
#Tantangan10hari
#KuliahbunsayIIP
#ForThingtoChangeIMustChangeFirst

Game level 5, hari ke 5

Membaca saat weekend merupakan challenge sendiri buat saya dan keluarga. Karena kami banyak menghabiskan waktu di luar rumah untuk mengisi weekend. Terutama buat kakak, weekend adalah gadget and movie time. Rasanya butuh effort lebih buat menarik mereka duduk manis baca buku. Biasanya siy saya menyemangati kakak dengan menunjukkan pohon literasinya yang mulai lebat.Alhamdulillah hari ini kakak sudah membaca buku BUMI TEMPAT TINGGAL KITA karangan DK WARDANI. Seperti biasa lha ya. Klo membaca kudu harus siap diberondong pertanyaan dan harus sedia stok jawaban. Ini artinya mamak kudu rajin baca buku juga. Hihihi.#Harike5
#Gamelevel5
#Tantangan10hari
#KuliahbunsayIIP
#ForThingtoChangeIMustChangeFirst

Game level 5, hari ke 4

Haaa.. Semalem ketiduran buat ngerjain peer. Hiksss. Yang ikut IIP pasti tau rasanya ketinggalan sehari dalam ngerjain tugas.Eniwei, kemarin kakak sempet tidur awal jadi saya ga sempet bacain cerita. Hari ini pembagiannya sebagai berikut: 1. Kakak ➡ APA YANG MEMBUAT MU BERANI? Buku karangan HEIDY & DANIEL HOWART2. Adik ➡HALO BALITA, AKU SUKA KELILING KOTA, Buku karangan Ana Puspita DewiyanaNak anak bahagia banget lihat pohon literasi nya makin rimbun. Terutama si kakak. Semoga kalian semangat terus ya nak dalam membaca buku.#Harike4
#Gamelevel5
#Tantangan10hari
#KuliahbunsayIIP
#ForThingtoChangeIMustChangeFirst

Game level 5, hari ke 3

Hari ke tiga, kakak sangat semangat sekali untuk dibacakan buku. Kali ini buku yang dibaca adalah :Apa yang membuatku Takut? Karangan Heidi & Daniel Howarth.Karena buku ini bilingual, jadi saya bacakan versi Indonesia dan Inggris. Kakak sedikit2 menirukan ketika saya membaca dalam versi bahasa inggris. Lucu banget mulut nya hihihi.#Harike3
#Gamelevel5
#Tantangan10hari
#KuliahbunsayIIP
#ForThingtoChangeIMustChangeFirst



Game level 5, hari ke 2

Sesungguhnya untuk anak saya yang auditori cukup extra memilihkan tema bacaan agar dia tertarik melirik suatu judul buku.
Contohnya hari ini dia memilih untuk tema polisi dan kendaraan. Tapi karena saya sudah memegang buku tentang bumi, maka itu lah yang dibaca terlebih dahulu. Bukunya berjudul BUMI SUMBER DAYA KITA, karya DK WARDHANI. Di dalam buku tersebut disebutkan salah satu sumber daya yang tidak dapat diperbaharui berasal dari sisa2 fosil hewan dan tumbuhan. Sontak mendengar kata fosil, kakak langsung beringsut mendekat. Aha! Dan kami pun menyelesaikan setengah buku tersebut sesuai dengan mood kakak.
Kalo adik, saya bacakan buku Hallo balita seri aku belajar puasa. Buku sejuta balita yes.. Lumayan ada 25 buku 😁. Alhamdulillah adik suka.
Pohom literasi mulai bersemi, menunjukkan daun2 yang bergeliat tumbuh memenuhi dahan2 yang ada. Tsaaaaah....
Semangat yuk ah.. Ayah bundanya jangan mau kalah. ❤
#Gamelevel5
#Tantangan10hari
#KuliahbunsayIIP
#ForThingtoChangeIMustChangeFirst

Menstimulasi Anak suka Membaca

Terkadang kita suka memaksakan anak cepat belajar baca, tapi bukan menumbuhkan suka membaca. Ayo siapa yang suka begitu buibu?? Saya masuk barisan nih kayaknya. Duh insaf yaaaa 😢Ternyata kesukaan membaca itu dimulai dari :
1. Tahap Mendengarkan
2. Tahap Berbicara
3. Tahap Membaca
4. Tahap MenulisDan lebih detailnya ada di materi kelas bunsay di Ibu Profesional.Oleh karena itu di tantangan ini, saya terpacu untuk membuat pohon literasi. Jadi setiap anggota keluarga yang membaca buku, akan mendapat 1 buah daun yang akan ditempel di pohon literasi.1. Untuk saya dan bapaknya, 1 buku 1 daun
2. Untuk kakak dan adik, saya / ayahnya yg membacakan, 1 buku 1 daun.Untuk kakak saya kasih warna hijau jreng.. Hahaha tak apa ya sayang. Bunda kuning, ayah biru, adik pink.Bismillah di hari pertama ini semoga istiqomah. Amiiin.#Gamelevel5
#Tantangan10hari
#KuliahbunsayIIP
#ForThingtoChangeIMustChangeFirst

Menstimulasi Anak Suka Membaca

Terkadang kita suka memaksakan anak cepat belajar baca, tapi bukan menumbuhkan suka membaca. Ayo siapa yang suka begitu buibu?? Saya masuk barisan nih kayaknya. Duh insaf yaaaa 😢Ternyata kesukaan membaca itu dimulai dari :
1. Tahap Mendengarkan
2. Tahap Berbicara
3. Tahap Membaca
4. Tahap MenulisDan lebih detailnya ada di materi kelas bunsay di Ibu Profesional.Oleh karena itu di tantangan ini, saya terpacu untuk membuat pohon literasi. Jadi setiap anggota keluarga yang membaca buku, akan mendapat 1 buah daun yang akan ditempel di pohon literasi.1. Untuk saya dan bapaknya, 1 buku 1 daun
2. Untuk kakak dan adik, saya / ayahnya yg membacakan, 1 buku 1 daun.Untuk kakak saya kasih warna hijau jreng.. Hahaha tak apa ya sayang. Bunda kuning, ayah biru, adik pink.Bismillah di hari pertama ini semoga istiqomah. Amiiin.#Gamelevel5
#Tantangan10hari
#KuliahbunsayIIP
#ForThingtoChangeIMustChangeFirst