Skip to main content

Alhamdulillah, Akhirnya Luluuuus

 Tadaaam.. Alhamdulillah, secara resmi eyke dinyatakan lulus dari proses hamil dan bolehlah dipanggil ibu.. ^^.... *jingkrak2* .

Ceritanya gue mengambil cuti di umur kehamilan 38w, ini atasan anjuran suami yang bilang klo cuti jangan mepet2 supaya bisa istirahat dirumah buat menghadapi persalinan. Selama cuti berlangsung, dikerjain lah semua yang katanya bisa memperlancar persalinan, mulai dari jalan kaki pagi, ngepel jongkok endebrew endebrew. Cape? iya laah, tambah2 masih disuruh diet pulak, huaaah lengkap syudah. Gak ada tuh ya, namanya abis ngos2an jalan kaki, minum es teller pelepas dahaga.

Di kehamilan 38w, perasaan makin campur aduk semua jadi satu. Jadwal kontrol ke dokter jadi seminggu sekali. Makin sensitif tiap ditanyain orang2 kapan lahiran? yaaah iya deh, gue jg maunya cepet bang/ mpok, orang bebinya juga masih betah *sambil ngelus2 perut*. Daripada mikirin pertanyaan orang2, Setiap hari gue selalu berdoa, semoga selalu dilancarkan dan dimudahkan, klo perlu dipercepat biar jatah cutinya bisa diabisin bareng sama may bebi.. aaahahahaha :*

Masuk ke 39w, tanda2 blom juga muncul,  tapi setidaknya gue terhibur dengan datangnya kontraksi yang datengnya on off itu alias kontraksi palsu. Hahahaha... tiap ada kontraksi selalu gue berharap, ayo flek datanglaaaah... semoga mulesnya semakin sering.... Harusnya kontrol lagi dong ya untuk usia 39w. Ya tapi pas umur kehamilan segitu gue dah males kontrol ke obgyn, pasti nanti diledekin sama pak dokter kece itu: "belum lahiran juga bu?", dan soale belum ada tanda2 yang berarti buat melahirkan, lagian gue merasa bebi masih aktif bergerak, guenya sehat. Yasudahlah, mogok ke obgyn. Dilalah, temen gue nge bbm gue untuk ngingetin kontrol, dan menasehati supaya gue kontrol ke obgyn karena kita gak bisa melihat secara kasat mata keadaan bebi didalam rahim kita. Karena dinasehatin gitu, plus pengalaman dia kehilangan bebi didalam kandungan pas dah cukup umur untuk dilahirkan, jadilah parno lah gue.

19 Maret 2012,
Pergi ke rumkit Medika BSD berdua sama suami. Suami sekalian cek up kesehatan, dan gue niatnya cuma kontrol atas anjuran temen gue itu *makasiy ya mba ratih udah ngingetin :) ). Suami selesei cek up, giliran nungguin gue kontrol. Pas nunggu giliran, tetiba gue kebelet pipis. Pas pipis kok ada flek kayak mens gitu? perasaan dirumah belom deh, oke gue berusaha tenang. Pas duduk2 nunggu panggilan pinggang panas, perut mules kayak mens semakin teratur. Akhirnya tiba juga giliran masuk ke ruang dr. Rahmedi Rosa, Sp.OG, langsung deh pak dokter beraksi, usg ok, ketuban ok, plasenta dah mulai bolong2 pertanda kehamilan yang semakin menua. Terus gue bilang aja klo gue tadi keluar flek dan dah mulai mules. Dokter menyarankan gue untuk periksa dalem plus CTG di lantai 3. Gue bengong, kenapa bukan dia yang periksa dalem, ternyata doi meminimumkan untuk periksa dalem sama semua pasiennya dikarenakan dese takut pasiennya risih dan malu, jadi periksanya sama bu bidan dulu deh. Haaaaa senangnyaa... 

Sesampainya dilantai 3, pas periksa dalem, bukaan baru setengah jari juga belum *padahal udah mulai mules les lesss, napa bukaannya dikit banget si?), kemudian di-CTG lah perut saya, kemudian keluarlah hasilnya juga. Ternyata hasil CTGnya kurang ok pemirsa,  gerakan bebinya udah melemah, sedih deh :(.

Akhirnya pemeriksaan CTG diulang beberapa kali, yang pertama dilakukan setelah gue makan siang. Kelar makan siang, bobo cantik diatas tempat tidur + dikasih oksigen sebelum pemeriksaan ulang. Hasilnya masih kurang Ok. Eh diulang lagi CTG, hasilnya? masih sama. Terus susternya sibuk telponan sama pak dokter, terus si Papa telponan sama pak dokter, akhirnya gue gak boleh pulang, karena udah gawat janin dan si bayi udah kekurangan oksigen + jantungnya melemah. Yaudah disuruh induksi malem itu juga sm dokter Rahmedi.

Jam 4 sore udah masuk kamar persiapan, dah disuruh ganti baju dan makan dulu sebelum diinfus.
Tau klo udah makan bakalan langsung diinfus, makannya dilama2in sampe magrib. Sampe susternya negor, ayok bu makan dulu, biar nanti pas melahirkan bertenaga. Yaudah deh, akhirnya makan juga walaupun cuma sedikit. Soalnya beneran gak pengen makan.

Tibalah saatnya jam 18.30 wib, pasang infus, obatnya udah mulai jalan, rasanya? enak bo!  suwer..
Perasaan belom ada 10 menit infusnya, mulesnyaaaa langsung ampun2an, hahahahaha. Sakitnya kayak gak ada jeda! ngajak muless ajaa. Mau nafas aja kayak balapan ama infusan.
Diantara kemelut infus, telpon nyokap bilang minta maaf, gak lama rombongan kakak2 semua komplet dateng ke kamar, gue pelukin semua satu2 saking gak tahan sama mulesnya, sampe dibimbing baca2an doa biar lancar.
Gak lama juga jam 20.00 wib nyokap dateng, huaaa langsung deh pecah tangisan gue, dielus2 kepala gue sambil didoain supaya lancar.
Sangking gak tahan sama sakitnya, ampe minta suster buat rehat sejenak biar infusnya diberhentiin sebentaar aja (ngakak klo inget, ada gitu ya rehat infusan?). Untung susternya baik, diberhentiin sebentar, setelah bertenaga dan bisa bernafas dijalanin lagi deh tu infus >.<.
Bukaan makin banyak, pindah ke ruang bersalin. Akhirnya yang nemenin di ruang bersalin ya si Papa, nyokap malah tidur dikamar persiapan wkwkwk katanya gak tega ngeliat anaknya kesakitan.

Jam 22.00 wib induksi lancar ampe bukaan 8, setelah itu macet, dan infusan habis. Sedikit lega, terus dibawain teh manis sama susternya, gak nendang juga, akhirnya minta milo dingin. Eh abis minum milo dingin, mual dan muntah2 hebat diruang bersalin. Ya Allah lemesnyaa :(. Mungkin karena perut kosong, efek infus, ruangan yang dingin sama susu kali ya?? mbuh lah. Mulut yang tadinya diharapkan untuk gak mengucap kata Caesar akhirnya ya minta juga. Ya abis gak nahan banget gitu sakitnya. Apakah dikabulkan? Nope! tanggung bu, udah dikit lagi kata bidannya.

Setelah digantiin sprei dan selimut karena muntahan gue tadi, gak lama susternya bawa lagi dong kantong infusan, kyaaa.... lanjut lagi deh mulesnya. Melihat gue dah tolong2 ditambah kemacetan pembukaan. Dokter Rahmedi dateng deh, kemudian sm bidan kasak kusuk diluar, setelah itu bidan nyuntik sesuatu ke selang infus, kayaknya itu dosis ditambah lg deh, soalnya rasanya bisa 100x lipet infus tadiiii. Bukaan teteup ga maju juga. Udah suruh miring kiri, gak maju juga. Akhirnya ketuban dipecahin baru deh pembukaan lengkap. Ketubannya dah berwarna kehijauan pemirsa. Si Papa disuruh liat kepala bayi udah nongol dijalan lahir, supaya gue lebih bersemangat lagi. Oke, Disuruhlah mengejan, tarik nafas panjaaaaang eeerggggh... perasan udah bener deh, eh napa salah mulu, akhirnya mengejan ampe lemes gak keluar juga. Sampe ngebatin sama bayi, ayo nak kita sama2 berjuang ya.

Sampai akhirnya berada dititik lemes yang bener2 gak bisa mengejan. Akhirnya disemangatin lagi lah gue, ayo bu, ibu pasti bisa. Dengan semangat 45, gue disuruh ngejan lagi, bu bidan naik ke atas tempat tidur sambil ndorong perut, dokter+suster siap2 megang bayi yang dibantu vakum jg. Akhirnya drama minta Caesar ditengah kemacetan pembukaan bubar pas lahirnya jagoankuuu tanggal 20 Maret 2012 jam 2.40 pagi..

sama mbah utinya ^^
Hehehe. Sekian ceritanya.. besok disambung lagi yaa ^^

Comments

  1. ihhhh alhamdulilahh senang nyaaa. selamat ya say atas kelahiran putra nya..

    smuga jd anak yg sholeh, berbakti sama ortu dan jd anak yg pinter.. gantengg euy anak nyaa..

    sekali lgi selamat ya say :*

    ReplyDelete
  2. selamat jeng rereeeee....

    heyho little boy, selamat datang di dunia ya :)
    semoga jadi anak yang taat, berbakti, sholeh, dan membanggakan orang tua yaaaa....*kisskiss*

    ReplyDelete
  3. Thank you aunty wandha & lomi.. Kiss balik ah... :*

    ReplyDelete
  4. sekarang udah sebulan yaahh..sehat teruss yaa dekk :*

    ReplyDelete
  5. selamaat yaah ree.. hi babyboy.. im aunty zi :)

    semoga menjadi anak yang sholeh, sehaat2 teruss yaah :*

    ReplyDelete
  6. Eh bru baca... Syeyamaaaaaattt...!
    Smg jadi anak yg sholeh...Amiinnn Yaa Rabb..
    Eh bener kt ndha..gnteng bgt itu...ciyuuummm ahh :*

    ReplyDelete
  7. Devi: iya tante... makasiy2.. :*

    Zilha: makasiy Zilha doanya.. semoga cpt nyusul ya.. :*

    Nella: amiiin mksh Nella doanya.. ciyum balik dari farrell :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review Sekolah Harapan Ibu

Hallo mamaaa... pingin tau biaya sekolah tahun depan? *pura-pura gak baca*


Ini untuk tahun ajaran 2016/2017 ya buibuu.. diposting karena baru dapet brosur Sekolah Harapan Ibu Pondok Pinang aja, dan kayaknya kejauhan juga kalo F sekolah disana (Jakarte bok.. antar propinsi dong besok kalo jadi sekolah disana), jadi monggo siapa tau ada yang mau tau biaya di Sekolah Harapan Ibu check this out ... :)




Bertemu dr. Waldi

Sambungan dari sini, eh baru aja selesei nayangin postingan itu, kira2 setengah jam kemudian datanglaaah.. demam. Udah seneng2 demamnya Farrell turun. Eh gak taunya, jam 12 malem nangis2 lagi deh Farrell, pas dipegang jidatnya ternyataaaaa... demamnya dateng lagi sodara2... *tepok jidat sendiri*

Akhirnya kita *gue, bapake bocil dan utinya bocil* sepakat hari ini harus membawa Farrell ke dokter. Buat make sure aje bun, semoga gak ada apa2. Bingung harus ke dsa Farrell sebelumnya tapi males koprol ke rumkitnya itu lho, akhirnya kali ini kita memutuskan ke dokter Waldi. Berpindah haluan karena beliau termasuk jajaran dokter yang RUM *ya ampuun kemane aje bun?*, kemudian masih lumayan deket jarak dari rumah ke tempat prakteknya. Terus karena beliau prakteknya dirumah dan gak perlu menunggu yang terlalu lama karena tiap pasien udah dikasih jadwalnya masing2 karena appointment by phone. Perpaduan yang pas deh, kenapa gak kita coba? Oiya, buat yang mau ketemu beliau, usahakan on time ya. Klo…

Rumah Vaksinasi Ciledug

Gegara bantuin a newmom di kantor buat download-in jadwal imunisasi anak yang terkini, eh malahan jadi terbelalak karena... lupa sama imunisasi ulangan DPat-Polio-Hib yg ke 4 dong buat anak lanang! *self toyor banget deh*. Mana akhir-akhir ini bapake bocil tugas mulu kayak bang toyib :'(

Wuiiih pas inget imunisasi, jadi inget dompet dong. Sekali imunisasi yang bukan program pemerintah itu kan harganya lumayan banget loh kalo buat gue. Untung aja setiap mau imunisasi selalu ada rejekinya buat anak lanang. Mari ucapkan Alhamdulillah... :D

Lagi iseng buka temlen, terus baca-baca temlennya rumah vaksinasi, eh ternyata rumah vaksinasi ada loh di daerah ciledug! kan deket tuh ya ciputat hahaha. Ngomong-ngomong tentang rumah vaksinasi, program ini kan pencetusnya @dr_piprim, pas awal mula rumah vaksinasi dibuka, ngebet banget pengen imunisasi disana, apa daya jauh banget ya, rumah vaksinasi perdana adanya di Kramat Jati. Pupus sudah harapan mengimunisasi bocil dengan biaya yang nyaman d…