Skip to main content

Cemal Cemil

Selama perjalanan MPASInya Farrell, cemilannya dia paling banter sebates finger food berupa buah potong.
Lama-lama kasian ya? anak gue makan buaaaaah mulu, kapan makan batagornya *eh*

Kembali ke cemilan, niat hati pingin bikin biskuit ramah bayi berbahan dasar tepung mocaf, soale mocaf free gluten yes?? apadaya karena susah dicari tu tepung berpikir keras, mundur lagi, maju, mundur lagi. Nemu resep ini kayaknya enak, tapiiiii.. mundur lagi *maju lagi klo mocafnya dateng hahahah*

Gak Shahih klo gue gak nyebut sumber ini . Based from his book, FYI, biskuit kurang cocok untuk bayi, karena kebanyakan pasti pake tepung terigu, gula, margarin dan yang lain2. Kebiasaan memberikan biskuit kepada bayi klo bisa ya dikurangin frekuensinya, biar anak gak addicted sama biskuit. Jadi sebisa mungkin kasih alternatif makanan yang lebih beragam maksudnya.

Diurut satu2 ya, si tepung terigu itu kan dari gandum yang notabene grup padi-padian yang banyak mengandung gluten, nah si gluten ini merupakan protein sulit dicerna. Orang dewasa aja butuh 3x24 jam buat mencerna gluten, gimana dengan bayi? *dezig*.

Yang kedua gula, gula, contoh gula pasir itu gampang menaikan kadar gula darah, guna menetralkan lonjakan kadar gula darah, pankreas kudu kerja keras memproduksi insulin. Makin banyak biskuit yang dimakan, makin hot lagi dong tu pankreas yes? gimana dengan pankreas bayi? *dezig dezig*

Margarin, margarin itu rata2 mengandung lemak trans, yang mengakibatkan penumpukan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida lebih intensif. Sejalan dengan proses tersebut kolesterol baik (HDL) malah menyusut. Nah klo ngomong LDL dan HDL gak jauh2 dari namanya penyakit jantung koroner, kesimpulannya? *dezig dezig dezig*.


Mari bun kita putar haluan, pertamax ni bikin cemilan akhirnya jatuh kepadaaaaa... puding roti. Lah roti bukannya ber-gluten bun? ada gula nya juga? margarin juga? biarin deh kan udah berbentuk roti gak geluntungan *alesan*, sekali2 aja kok :)) *tutup muka*. Eits jangan protes dulu yak, namapun ak ibu biasa, teori harusnya gitu, prakteknya ya ak luwes aja deh, keburu gatel ngasih cemilan gitu looh.


puding roti Farrell :)
Puding Roti:
5 lembar roti tawar gandum
175ml  UHT/Santan
100ml air matang
1 butir telur
keju parut
kismis
kayu manis bubuk

Cara membuat:
  1. Roti dipotong kotak2 kecil, sisihkan. Kismis rendam dalam air panas, saring, cincang.
  2. Campur susu UHT/ santan dengan air matang dan telur, kocok rata, masukan roti yang sudah dipotong2 kedalam campuran tadi, tambahkan kismis. Usahakan terendam semua rotinya agar menjadi adonan lembek.
  3. Tuang ke dalam cetakan, isi sampai 2/3nya aja soale nanti pas dikukus ngembang naik. Taburi kayu manis bubuk secuil biar wangi, tambahkan keju parut diatasnya.
  4. Kukus selama 25 menit, sajikan hangat deh.

Gimana? gampang kan? Alhamdulillah Farrell lahap banget ama pudingnya, seharian bisa habis 2.
Sekian ya buibu. Selamat masakkkk hihihihi.

PS: Resep ini tidak berlaku buat bayi yang alergi gandum, susu UHT, keju dan telur.

Comments

  1. Ahahaha.. Aku selalu dodol kalo ngisi wadahnya ampe full, jadi begitu pudingnya mateng mleber semua keluar :DD

    Dikasi pear juga enak loh kakaaakk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama pun gitu, isinya bluntak2 keluar hahaha maklum yee.. eike kan gagap dapur :D

      pear ya? aaaah ok noted ning!! :)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review Sekolah Harapan Ibu

Hallo mamaaa... pingin tau biaya sekolah tahun depan? *pura-pura gak baca* Ini untuk tahun ajaran 2016/2017 ya buibuu.. diposting karena baru dapet brosur Sekolah Harapan Ibu Pondok Pinang aja, dan kayaknya kejauhan juga kalo F sekolah disana (Jakarte bok.. antar propinsi dong besok kalo jadi sekolah disana), jadi monggo siapa tau ada yang mau tau biaya di Sekolah Harapan Ibu check this out ... :)

Cendekia School

Sekolaan lagiii... biarin yaaa, mumpung masih seger ni bundanya. Eaa lagi-lagi ini sekolaan masih lumayan deket dari rumah. Sekitar 500 meter lah. Disini programnya ada: Kiddy class (Seminggu sekali, hari Sabtu) Nursery Kindergarten 1-2 Disini sekolahnya bilingual, meskipun di ruko ada playground outdoornya disamping gedung. Lagi-lagi lupa foto. Nyusul aja deh yaaaa Eng.. apalagi ya?? oiya Free trial juga, insha Allah wiken ini kalo gak ada halangan mau ikutan Trial nya. Cendekia School Ruko Perumahan Griya Aviva Jl. Pipit, Kompas-Bintaro, Kampung Sawah, Ciputat 7403882

Susu Bumil

Sebagaimana umumnya tau, klo hamil itu harus memperhatikan asupan gizi yang berimbang agar baby yg masih didalem perut ibunya dapat berkembang dengan sempurna dan sehat. Amin. Setiap ibu pastilah menginginkan yang terbaik untuk anaknya, ya thoo??. Apapun pasti akan dilakoni, termasuk minum susu khusus untuk ibu hamil. Susu bumil! maksud gue susu khusus untuk ibu hamil ihihiihi. Hiyaa.. dari awal menikah gue dan calon suami  *sekarang sudah suami ya :D* sudah merencanakan tidak akan menunda2 untuk hamil. Sebagai persiapan menyambut datangnya kabar bahagia itu, gue browsing2 tentang perencanaan kehamilan yang diantaranya kondisi kedua pasangan harus dalam keadaan sehat. Sehat itu yang bagaimana? macem-macem ya bu diantaranya makan 4 sehat 5 sempurna, dan bergaya hidup sehat macemnya olahraga dan menghindari junk food, merokok. Nah untuk yang wanitanya niy, bisa ditambahin dengan mengkonsumsi suplemen seperti asam folat untuk mengoptimalkan kesehatan rahim dan calon baby kelak. pic