Skip to main content

Cerita Kue Ulang Tahun Farrell

Berawal dari ceritanya mbu Agie yang udah sakseis bikin kue ulang tahun buat Agie.
Maka terbersitlah keinginan untuk bikin sendiri, karena biar bisa dimakan sama yang ulang tahun maksudnya walopun kuenya gatot kan yang penting niatnya.
Cetakan huruf dah difasilitasin sama mbunya Agie *mamacih loh mbu*, ngembat mixer+timbangan punya budhe, loyang ada si dirumah, oven? pake kukusan aja deh, etapi kalo mau ada yang ngasih oven boleleboo hihihihi. Tapi masih bingung, bikin apa ya yang gampang buat pemula macem gue inih?
Eh pas Islamic Book Fair, nemu bukunya pak Wied tentang cake enak sehat alami, plus diskon pulak. Kalap dong gue?! Tanpa banyak babibu langsung gue borong tu buku yang emang tinggal atu2nya.

H-3, kabur ke Toko bahan kuweh disamping kantor buat beli bahan kuwehnya.
Bersyukur alhamdulillah punya kantor deket TBK, tinggal ngesot doang ke TBK nyampe lah.
Ga cuma 1 TBK! tapi 2! hohoho
Nggilani, kalap loh gue di TBK. Macam bakul kuweh tingkat dewa aja gue disana. Semua disatronin satu-satu. Hiii tapi beneran unyuuu semua lho. Kalap loh.
 
Kembali ke buku ya. Sebenernya di buku itu, semua resep bahan dasarnya sama, cuma dimodifikasi aja bahan2nya.Kenapa si tertarik sama cake ini? sehat bok! karena gak pake bahan pengembang sama sekali buibu. Hahaha isu sehat emang nge-Hit abeis lah pokoknya. InsyaAllah kepinginnya bisa bikin kue yang sehat untuk dikonsumsi sekeluarga. Oiya, pada cake ini pengembangnya hanya mengandalkan telur aja. Cocoklah ya buat emak-emak fakir bumbu dapur macem ane gini, secara dirumah gak ada ovalet dkk :P

Memang tekstur cake tanpa pengembang/pelembut sedikit berbeda dengan yang menggunakan pengembang. Teksturnya cake ini mengembang, tapi sedikit pera di lidah. Mungkin diawal-awal makan kita kurang terbiasa, tapi hal ini dimaksudkan agar kita biasa mengunyah makanan dengan benar agar enzim ptialin yang ada pada air liur melumasi makanan yang kita makan. Klo udah dilumasi sama enzim ptialin, pastinya organ cerna lainnya akan terbantu untuk memproses makanan dengan baik.

Sedikit mengutip bukunya pak Wied:
Kebiasaan orang kita nih termasuk gue sendiri, doyan yang cake yang lembut yes? jadi suka langsung lep aja gitu tanpa dikunyah dengan baik. Padahal kasian tu organ cernanya bakalan minta tolong lho. Karena blom selesai makan cake, pasti udah ketambahan makanan lain. Makanya klo proses pencernaan makanan terbengkalai, makanan-makanan tadi bisa membusuk lho diperut. Proses pembusukan ini akan menghasilkan gas yang mengakibatkan kita merasa kembung dan perut kurang nyaman. Selain itu, pembusukan memproduksi zat toksin. Jika penumpukan toksin ditambah dengan bahan tambahan sintetis yang melebihi batas toleransi tubuh sehingga merangsang tubuh melakukan keseimbangan, yaitu dengan cara membentuk lemak untuk mengikat zat-zat toksin tersebut (Jika toksin tidak diikat, maka tumpukan toksin akan mengganggu fungsi organ cerna) akibatnya, timbungan lemak tubuh bertambah dan berat badan pun meningkat.

Eh mau share resep malah ceramah *uhuks*. Jadi bisa ditarik kesimpulannya kan ya buibu? :)

Karena kemarin bikin 2 macam kue jadi akan di sharing disini.

Cake Keju Kismis
Bahan:
120g Tepung terigu serbaguna
80g Tepung beras
2 Sdm minyak untuk olesan
6 butir telur
120-150g gula pasir
100ml minyak goreng
100g keju cheddar parut

Tambahan:
20g kismis/ sesukanya.

Cara Membuat:
  1. Siapkan loyang (20x20x8), potong kertas roti selebar dasar loyang, olesi loyang dengan minyak goreng, alasi kertas roti.
  2. Campur tepung terigu dan tepung beras, ayak.
  3. Panaskan dandang berisi air untuk mengukus diatas api kecil.
  4. Kocok telur dan gula pasir dengan kecepatan mikser tinggi hingga mengembang dan kaku. Pindahkan kecepatan mikser ke yang paling rendah, masukkan kismis, kocok hingga rata. Matikan dan angkat mikser.
  5. Masukan campuran tepung, aduk hingga merata, tambahkan minyak goreng dan keju parut bergantian aduk hingga rata dengan menggunakan spatula ukuran besar, dengan cara mengaduk seperti kincir air, agar udara yang terperangkap pada adonan tidak banyak yang lepas ke udara.
  6. Besarkan api kompor.
  7. Tuang adonan kedalam loyang, kukus dalam dandang selama 30 menit.
  8. Sisihkan, sajikan hangat atau dingin.

Cake Ketan Hitam:
2 sdm minyak goreng untuk olesan
50g terigu serbaguna
100g tepung ketan hitam
6 butir telur
120-150g gula pasir
100ml minyak goreng
100gr keju cheddar parut

Tambahan:
6 buah pisang raja/kepok -->diganti kismis lagi :p

Cara membuat:
  1. Siapkan loyang (20x20x8), potong kertas roti selebar dasar loyang, olesi loyang dengan minyak goreng, alasi kertas roti.
  2. Campur tepung terigu dan tepung ketan hitam, ayak.
  3. Panaskan dandang berisi air untuk mengukus diatas api kecil.
  4. Kocok telur dan gula pasir dengan kecepatan mikser tinggi hingga mengembang dan kaku. Pindahkan kecepatan mikser ke yang paling rendah, masukkan kismis, kocok hingga rata. Matikan dan angkat mikser.
  5. Masukan campuran tepung, aduk hingga merata, tambahkan minyak goreng secara bergantian dengan tepung, aduk hingga rata dengan menggunakan spatula ukuran besar, dengan cara mengaduk seperti kincir air, agar udara yang terperangkap pada adonan tidak banyak yang lepas ke udara.
  6. Besarkan api kompor.
  7. Jika menggunakan pisang,  tuang 1/3 bagian adonan kukus 10 menit, atur potongan pisang sejajar diagonal diatas kue, tuangi 1/3  bagian adonan. Kukus 10 menit. Lakukan hingga adonan habis.
  8. Tuang adonan kedalam loyang, kukus dalam dandang selama 20 menit.
  9. Sisihkan, sajikan hangat atau dingin.
Voila, semua kue mengembang! Hihihi klo gak jadi kan, gue pundung 40 hari nonstop plus guling-guling ditanah *hiperbola abeisss*

Untuk hiasannya, karena gue cukup tau diri, maka belilah yang figure yang udah jadi aja.
Kenapa Winnie the pooh? karena dari kecil semua perabotan Farrell dari atas ampe bawah si winnie the pooh lha ya. Dan bundanya pun syukaaa sama si winnie... huhuhuhu lalala yeyeye :))

Klo untuk dihias, pastinya tunggu cake nya dingin dulu ya. Cerita fondan, hahaha cukup gue ama papanya Farrell aja yang tau, perjuangannya sungguh keras mak! Pastinya bikin gue jadi lebih menghargai profesi para bakul kuweh, dan semakin mengerti kenapa harga birthday cake pake fondan itu mihilllll yaaaaah...???!!
Makasih loh pah, dah bantuin ak ulenin fondan, giling fondan, sampe gelar fondan diatas kuwehnya. Pokoke aku padamu laah pah :*

Makasi buat mbunya Agie atas keikhlasan tutorialnya *actually nodong sih*, perabotannya, semuanya lah, hahaha jangan kapok ya  maaak.

Ya begitulah sekelumit cerita kue ulang tahunnya Farrell, semoga bisa buat contekan ya buat boebo :)

Comments

  1. aaakkk semakin tertarik bikin birthday cake sendiri >.< apalagi ini gak pake oven-ovenan (sesama fakir oven :p)

    aku nyontek resepnya ya reee...mudah-mudahan berhasil bikin..

    first thing first beli mixer ama timbangan dulu kali ya hahaha :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha monggo jeung. Tapi pastikan loyang dengan kukusan berjodoh ya, jangan kebesaran takut gak masyukkk ke kukusannya.

      Klo udah jadi bagi yaaa kuenyah! hihihihi

      Mixer ama timbangan emang esensial bgt, klo oven mah nunggu kado aja kali ya? Huahahaha.

      Sesama fakir oven, ditunggu kado ovennya *eh*

      Delete
  2. Hahaha.. gue udah kebayang deh waktu berkutat dengan si fondant terutama buat pemula, pasti stress pleuuus ajiiib *terngiang dulu waktu jama pacaran sama si ayah, terima orderan fondant cake, di bantuin pacar bikinnya malah naek darah, minta putus kalo kuenya ga bagus, hahaha..

    tapi duo jempol lhoo buat Bubun Alel, pertama kali bikin kue eh nekad pake fondant.. eit, hasilnya keren tapinyah lhoo.. tjakeeeeep ^.^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini project yang nekad banget emang mbu, kayak mentalnya baja ajuah deh eyke :p

      Makasiy lho suhu kuweh.. besok2 akik belajar banyak lagi yaa :D


      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review Sekolah Harapan Ibu

Hallo mamaaa... pingin tau biaya sekolah tahun depan? *pura-pura gak baca* Ini untuk tahun ajaran 2016/2017 ya buibuu.. diposting karena baru dapet brosur Sekolah Harapan Ibu Pondok Pinang aja, dan kayaknya kejauhan juga kalo F sekolah disana (Jakarte bok.. antar propinsi dong besok kalo jadi sekolah disana), jadi monggo siapa tau ada yang mau tau biaya di Sekolah Harapan Ibu check this out ... :)

Cendekia School

Sekolaan lagiii... biarin yaaa, mumpung masih seger ni bundanya. Eaa lagi-lagi ini sekolaan masih lumayan deket dari rumah. Sekitar 500 meter lah. Disini programnya ada: Kiddy class (Seminggu sekali, hari Sabtu) Nursery Kindergarten 1-2 Disini sekolahnya bilingual, meskipun di ruko ada playground outdoornya disamping gedung. Lagi-lagi lupa foto. Nyusul aja deh yaaaa Eng.. apalagi ya?? oiya Free trial juga, insha Allah wiken ini kalo gak ada halangan mau ikutan Trial nya. Cendekia School Ruko Perumahan Griya Aviva Jl. Pipit, Kompas-Bintaro, Kampung Sawah, Ciputat 7403882

Susu Bumil

Sebagaimana umumnya tau, klo hamil itu harus memperhatikan asupan gizi yang berimbang agar baby yg masih didalem perut ibunya dapat berkembang dengan sempurna dan sehat. Amin. Setiap ibu pastilah menginginkan yang terbaik untuk anaknya, ya thoo??. Apapun pasti akan dilakoni, termasuk minum susu khusus untuk ibu hamil. Susu bumil! maksud gue susu khusus untuk ibu hamil ihihiihi. Hiyaa.. dari awal menikah gue dan calon suami  *sekarang sudah suami ya :D* sudah merencanakan tidak akan menunda2 untuk hamil. Sebagai persiapan menyambut datangnya kabar bahagia itu, gue browsing2 tentang perencanaan kehamilan yang diantaranya kondisi kedua pasangan harus dalam keadaan sehat. Sehat itu yang bagaimana? macem-macem ya bu diantaranya makan 4 sehat 5 sempurna, dan bergaya hidup sehat macemnya olahraga dan menghindari junk food, merokok. Nah untuk yang wanitanya niy, bisa ditambahin dengan mengkonsumsi suplemen seperti asam folat untuk mengoptimalkan kesehatan rahim dan calon baby kelak. pic