Thursday, February 28, 2013

Menu MPASI 10 Bulan

Pada dasarnya semuanya udah bisa dipake buat bikin mpasinya Farrell kecuali bumbu2 yang spicy :)

Bahan Makanan yang dipake waktu 10 Bulan:
lanjutan dari sini
Daging sapi

Bubur
  • Nasi berbentuk tim
Buah
  • Segala buah
Jadwal makannya:
  • Bangun tidur minum jus/pure buah sekitar jam 06.00-06.30 (kudu wajib, walaupun buahnya cuma seiprit)
  • Sarapan nasi tim habis mandi pagi sekitar jam 07.30
  • Makan Siang jam 12.00
  • Makan Sore jam 16.00 habis mandi sore
  • Kadang suka ikut makan malem klo dia lagi mau sekitar jam 19.00
Jadwal minum ASI Selama bundanya kerja:
  • Frekuensi mimiknya 3 botol x @100ml, sesekali bisa lebih dari itu.

Menu 10 bulan udah semakin mirip sama makanan orang tuanya, cuma bentuknya lembek :)
Baru memberikan daging sapi pada usia 10 bulan karena gue ngikutin pak Wied :D, yang menganjurkan daging merah pada usia 10 bulan. Daging merah klo anjuran WHO  boleh diberikan mulai usia 6 bulan. Jadi terserah ibunya mau pake aliran yang mana, karena ibu tau yang terbaik untuknya *slogan emak2 kece nih ^_~*.

Daging merah sendiri bagus karena mengandung zat besi yang oke buat anak2 kita, agar gak mengalami defisiensi zat besi. Peran dari zat besi itu sendiri, mengutip dari webnya dokter tiwi adalah sbb:
  1. berperan dalam pertumbuhan sistem saraf anak, terutama dalam periode emas (0-2 tahun)
  2. membantu perkembangan kognitif dan konsentrasi  saat sekolah dan bermain
  3. berperan dalam peningkatan tinggi dan berat badan
  4. meningkatkan nafsu makan
  5. meningkatkan kekebalan tubuh
Anjurannya si, mengkonsumsi daging merah dibarengi dengan makanan/minuman yang mengandung vitamin C. Supaya si zat besi itu terserap maksimal oleh tubuh. Mungkin contohnya klo kita makan steak holycow, minumnya jus jeruk kali yee.. *kode* nyahahahaha.

Defisiensi zat besi ini emang merupakan momok yang agak2 horor gimana gitu ya? tapi jangan khawatir bun, saat MPASI bisa diberikan berbagai makanan yang mengandung zat besi seperti daging, tempe dll. Suplemen zat besi juga bisa diberikan saat anak usia 4  bulan untuk mengantisipasi hal ini. Tapi atas anjuran dsa nya Farrell, beliau gak memberikan resep suplemen zat besi, cuma berpesan supaya ibunya menggenjot dan kreatif dalam membuat MPASI dengan bahan2 yang kaya zat besi supaya anaknya gak defisiensi zat besi. Hiyaaaaa... peer buat saya ya dok :))

Sekian dulu,  tetap semangat masak MPASI Homemade ya buebuuu... :*

2 comments:

  1. rafa juga gak make suplemen zat besi re...
    pernah beli ferris tapi ampe skarang gak pernah diminum...hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gpp, yang penting sehat ya ta ^^

      Delete