Tuesday, February 5, 2013

Menu MPASI 9 Bulan

Dah lama ya gak posting MPASI, mari kita ngomongin makanan bayi yang sebentar lagi bukan bayi lagi :)

9 Bulan
Eniwei MPASI 9 bulan udah full nasi tim, sesekali ngelamutin nasi putih punya bundanya.

Bahan Makanan yang dipake waktu 9 Bulan:
Beras Putih
Ubi
Labu parang/ kabocha
Buncis
Brokoli
Wortel
Daun katuk
Tahu/tempe
Salmon
Telur ayam kampung (ambil kuningnya aja)
Ayam kampung
Evoo (Extra Virgin Olive Oil)
Segala Buah
Keju (pake merk: D*amond)
Unsalted butter (pake merk:Orch*d)
Belut
Teri nasi basah
 Jamur
Toge
Flaxseed 
Bihun beras
Kapri
Oats
Butternut pumpkin
Belut

Bubur
  • Nasi berbentuk tim
Buah
  • Segala buah, seringnya pir packham :)
Jadwal makannya: 

  • Bangun tidur minum jus/pure buah sekitar jam 06.00-06.30 (kudu wajib, walaupun buahnya cuma seiprit)
  • Sarapan nasi tim habis mandi pagi sekitar jam 07.30
  • Makan Siang jam 12.00
  • Makan Sore jam 17.00 habis mandi sore, kadang molor ke jam 18.00

Jadwal minum ASI Selama bundanya kerja:
  • Frekuensi mimiknya 3 botol x @100ml, sesekali bisa lebih dari itu.

Menu 9 bulan udah mulai lebih variatif lagi, karena ada si sayuran tunas. Pernah masak tim soto pake si toge, atau tim jamur ayam, wiii enak deh gurih2 gimana gitu. Nanti ya di share resepnya disini.

Flaxseed, buat ibu2 yang mengidolakan si salmon dan ikan2an lain atau telur sebagai sumber omega 3, sebenarnya si biji rami ini gak kalah loh kandungan omega 3 nya, jadi bisa dijadikan alternatif buat yang alergi sama salmon dan ikan laut lainnya. Baca dari mpasirumahan klo Flaxseed bisa dikasih sejak umur 7 bulan. Selain mengandung omega 3 yang tinggi, ternyata seratnya juga tinggi loh, makanya harus dibarengi asupan air putih ya biar kaga sembelit, saking berserat tinggi gak heran pas awal-awal Farrell dikenalin maem pake flaxseed, poopnya per hari bisa 4x bahkan 5x!! hohohoho rekor yee untung bukan diare, alhamdulillah sekarang udah enggak :)), oiya sehari cuma bisa kasih flaxseed setengah sendok teh buibu.. soale ya itu, seratnya tinggi.

Sekian dulu,  tetap semangat masak MPASI Homemade ya buebuuu... :*

4 comments:

  1. mb beli flaxseed dimana ya? di palembang kyknya ga ada :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. di toko bahan makanan impor, atau di foodhall, total buah, farmers klo di Jakarta.

      Klo gak beli online aja, sepertinya banyak juga yang jual. HTH ya :)

      Delete
  2. flaxseed oh flaxseed.. kenapa kok kamu mahal.. hhehehe

    dicampur aja gitu ya? ga dimasak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eym ya ning, ini aja klo Farrell gak alergi salmon gak bakalan deh kepikiran pake flaxseed :)

      flaxseed bubuk ak taburin aja diatas nasi timnya, atau mau dimasak pas bagian akhir juga ok. mentah atau dimasak sama2 cihuy kok ^^

      Delete