Skip to main content

My homemade rujak cireng

Iya tau, rujak cireng emang lagi happening banget.

Gue juga lagi freak banget sama rujak cireng.

Alkisah, jauh hari sebelum ada rujak cireng, gue juga udah menggilai cireng, tiap belanja bulanan gak lupa tepung sagu wajib mampir di daftar belanjaan dan sebulan bisa 2-4 kali mbikin, gantian si kalo ga cireng ya cilok kalo ga ya cimol. hahaha semarga itu mah ya, ampe glegekan yang ngeliat. Bikin yang elitan dikit gitu loh, masa cireng mulu?? iya nih seleranya gak elit banget huahahaha.

Sebelum tau kalo bisa dicocol pake bumbu rujak, biasanya di cocol pake kuah cuko atau sambal pecel atau sambal botolan. Kalo ga ada makan gitu aja juga jadi.

Entah kenapa tadi malem pingin banget makan rujak cireng, yaudah akhirnya tadi subuh bangun, terus niat banget sahur pake uwel-uwel sagu. Cireng sama bumbu rujak, 30 Menit jadi jek! pas jadi gelagepan makan karena keburu adzan sahur. Huahahaha kocak.

Resepnya pake perasaan ya buibu, perasaan segini deh:
150 gr sagu
90 ml air panas (harus yang mendidih banget)
1 batang daun bawang
1/4sdt garam (optional, takaran ini buat gue yang gak begitu doyan asin)
seiprit lada

Bumbu Rujak:
5 bh cabe rawit
1 bh cabe merah keriting
1 sdt asam jawa
1 blok gula merah
seuprit garam

 How to:
1. Biasanya kalo bikin cireng pake adonan biang, karena ini instan jadi semua bahan langsung dicampur setelah rata baru ditambah air panas sedikit demi sedikit, aduk dengan sendok kayu karena puanas pol. setelah teraduk rata dan adonan suam-suam kuku, uleni lagi dengan tangan sebentar aja. Karena kalo ngulenin kelamaan bikin adonan kayak karet.

2. Setelah itu bikin bola-bola, pipihkan, terus guling diatas tepung sagu yang kering. Kalo mau ada krispinya cubit-cubit permukaan adonannya.

3. Goreng dengan api kecil, sebentar aja sampai kedua permukaan cireng kering. Angkat cocol dengan bumbu rujak.

Selamat mencoba!

Comments

  1. rujak cireng kayaknya happening ke bandung dan sekitarnya ya?
    di jawa timur belum happening
    hehheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. oo belum happening ya mba disana? waaa cocok tu buat bisnis rujak cireng mba.. hihihihihi

      Delete
  2. Buunnn rajin amir subuh2 bikin beginiann.. Jempolss

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya abess akik dah ngebet bun... bikin lah versi kw nya.

      lumayan deh biar gak tambah ngiler naga-naga di perut hihihihi.

      Delete
  3. rujak cireng lagi ngetrend banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba... tapi beli berkali kali bisa bangkrut, maka terciptalah resep kw inih.. hihihihi

      Delete
  4. Resepnya simpel ya.. Boljug besok bikin sendiri deh..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review Sekolah Harapan Ibu

Hallo mamaaa... pingin tau biaya sekolah tahun depan? *pura-pura gak baca* Ini untuk tahun ajaran 2016/2017 ya buibuu.. diposting karena baru dapet brosur Sekolah Harapan Ibu Pondok Pinang aja, dan kayaknya kejauhan juga kalo F sekolah disana (Jakarte bok.. antar propinsi dong besok kalo jadi sekolah disana), jadi monggo siapa tau ada yang mau tau biaya di Sekolah Harapan Ibu check this out ... :)

Cendekia School

Sekolaan lagiii... biarin yaaa, mumpung masih seger ni bundanya. Eaa lagi-lagi ini sekolaan masih lumayan deket dari rumah. Sekitar 500 meter lah. Disini programnya ada: Kiddy class (Seminggu sekali, hari Sabtu) Nursery Kindergarten 1-2 Disini sekolahnya bilingual, meskipun di ruko ada playground outdoornya disamping gedung. Lagi-lagi lupa foto. Nyusul aja deh yaaaa Eng.. apalagi ya?? oiya Free trial juga, insha Allah wiken ini kalo gak ada halangan mau ikutan Trial nya. Cendekia School Ruko Perumahan Griya Aviva Jl. Pipit, Kompas-Bintaro, Kampung Sawah, Ciputat 7403882

Susu Bumil

Sebagaimana umumnya tau, klo hamil itu harus memperhatikan asupan gizi yang berimbang agar baby yg masih didalem perut ibunya dapat berkembang dengan sempurna dan sehat. Amin. Setiap ibu pastilah menginginkan yang terbaik untuk anaknya, ya thoo??. Apapun pasti akan dilakoni, termasuk minum susu khusus untuk ibu hamil. Susu bumil! maksud gue susu khusus untuk ibu hamil ihihiihi. Hiyaa.. dari awal menikah gue dan calon suami  *sekarang sudah suami ya :D* sudah merencanakan tidak akan menunda2 untuk hamil. Sebagai persiapan menyambut datangnya kabar bahagia itu, gue browsing2 tentang perencanaan kehamilan yang diantaranya kondisi kedua pasangan harus dalam keadaan sehat. Sehat itu yang bagaimana? macem-macem ya bu diantaranya makan 4 sehat 5 sempurna, dan bergaya hidup sehat macemnya olahraga dan menghindari junk food, merokok. Nah untuk yang wanitanya niy, bisa ditambahin dengan mengkonsumsi suplemen seperti asam folat untuk mengoptimalkan kesehatan rahim dan calon baby kelak. pic