Skip to main content

ODOJ

ODOJ adalah program One Day One Juz. Detailnya disini ya

I found ODOJ,
Awal perjumpaan saya dengan ODOJ sekitar Januari 2014, saat itu temen kantor menawarkan untuk bergabung dalam ODOJ. Tanpa pikir panjang saya mengiyakan tawarannya. Saya bergabung langsung dihari itu juga. Saya pikir bakalan satu grup dengan teman kantor, karena kita daftar ODOJ satu rombongan kantor. Ternyata saya berada di grup Akhwat 1890, yang dimana tidak ada satupun teman kantor berada dalam grup yang sama dengan saya. Sedangkan teman-teman kantor yang lain masih bisa segrup. Hahaha merasa terasing banget. Tapi seru lho, dalam 1 grup ada 30 orang, dan itu berasa kayak bhineka tunggal ika, dari berbagai macam profesi dan dari domisili seluruh penjuru nusantara, bahkan sampai mancanegara ada dalam satu grup. Ikut ODOJ selain tambah ilmu, jadi tambah teman dan saudara deh :)

Starting something new,
Baca al-quran sehari sejuz? mission impossible lah, kecuali kalo ramadhan. Baca al-quran paling banter satu lembar sehari. Dengan kesibukan sebagai ibu bekerja, mengurus anak dan rumah, baca al-quran kadang suka dikesampingkan. Apakabar saya yang katanya pingin anaknya jadi hafidzh al-quran? Harusnya ngasih contoh ke anak dulu ya kan? :)

Oiya di ODOJ ini netral banget jadi don't worry, gak ada SARA apalagi politik. Dan di ODOJ ini selain kita bertilawah, ada group sharing juga, beruntungnya saya bisa mendapatkan ilmu-ilmu yang bermanfaat dari sharing tersebut.

Kebiasaan baru saya jadi manfaatin waktu senggang dengan tilawah, kadang suka diledekin teman-teman/ orang yang belum ikut ODOJ. Wah odojers ya mba? iya. Wah kan riya tuh ibadah pake lapor-lapor segala, gakpapa Allah Maha Tau Segalanya. Semua saya anggap angin lalu saja, dan yang lebih terhappy lagi, akhirnya teman-teman saya yang suka meledek, mengajukan diri untuk ikut ODOJ. Alhamdulillah, dengan senang hati saya mendaftarkan mereka.

Baca al-quran kan makan waktu ya?
Memang. Oleh karena itu, kebiasaan membaca al-quran ini mendorong kita untuk memanage waktu dengan baik agar semua kegiatan dalam sehari bisa berjalan dengan lancar, subhanallah banget ya. Pengalaman saya awal-awal semangat sekali, jam 10 pagi dah kholas 1 juz. Eh lama-lama molor, karena kalo udah keselip kegiatan kantor jadi molor, dan yang kadang ora uwis-uwis kayak mantengin socmed gitu *duh ketauan deh sama koordinatornya, maapkeun ya mba*, sampai lupa belum tilawah. Kadang sampe minta waktu perpanjangan buat menyelesaikan bagian saya. Akhirnya jadi mikir, klo saya tidak memaksakan diri, progressnya makin gak bagus buat saya, lama-lama kebiasaan saya membaca alquran bisa kembali seperti dulu lagi sebelum ikut ODOJ, hikz. Gak mau ah. Makanya saya percaya banget ala bisa karena biasa. Awal berat lama-lama ringan. Kalo niat kita ibadah karena Allah SWT in shaa Allah dipermudah. Gak terasa, udah jalan 5 bulan. Terharu banget, semoga bisa sampai selamanya ya. 

Pasang target, semoga habis ini gak cuma mengaji, tapi meningkat ke pengkajian isi al-quran, dan yang paling penting implementasinya dalam kehidupan sehari-hari semakin meningkat. Amiiiin.

Go.. go.. go.. odojers akhwat 1890 :)

Comments

  1. gw juga baru gabung nih Re...belum sebulan...tapi alhamdulillah sekarang jadi agak rajin ngajinya...hehehehe
    kalo gw suka masang target,,,sebelum subuh harus uda slese 1 juz..soalnya kalo nggak gtu,,gak bakal bisa ngaji kalo uda di kantor...hehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asiiik ada temennya sesama ODOJers.. grup piro ta? :)

      Hidayah emang dateng nya macem-macem ya ta, salah satunya lewat ODOJ. Karena kalo berjamaah, jadi saling menyemangati buat ngaji.

      Semangat ya ta! :)

      Delete
  2. grup 768 Re...
    iyaa,,alhamdulillah ada banyak yg ngajakin biar kita tambah baek lagi...ini juga diajakin sama temen kantor...eh ternyata bisa segrup sama dia...dan ternyata rumahnya banyak yg deketan jugaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. senangnya... hihihi

      have fun ya digrupnya :)

      Delete
  3. amin... semoga lancar terus program odoj nya ya...

    btw salam kenal balik ya...

    ReplyDelete
  4. Mba,mau tanya
    ODOJ itu untuk umum bukan?klo saya mau ikut bisakah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya untuk umum bisa, mba bisa ikut kok. Kalo mau lewat ak, nanti ak daftarin.
      e-mail aja ya di ryucent20@gmail.com

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review Sekolah Harapan Ibu

Hallo mamaaa... pingin tau biaya sekolah tahun depan? *pura-pura gak baca* Ini untuk tahun ajaran 2016/2017 ya buibuu.. diposting karena baru dapet brosur Sekolah Harapan Ibu Pondok Pinang aja, dan kayaknya kejauhan juga kalo F sekolah disana (Jakarte bok.. antar propinsi dong besok kalo jadi sekolah disana), jadi monggo siapa tau ada yang mau tau biaya di Sekolah Harapan Ibu check this out ... :)

Cendekia School

Sekolaan lagiii... biarin yaaa, mumpung masih seger ni bundanya. Eaa lagi-lagi ini sekolaan masih lumayan deket dari rumah. Sekitar 500 meter lah. Disini programnya ada: Kiddy class (Seminggu sekali, hari Sabtu) Nursery Kindergarten 1-2 Disini sekolahnya bilingual, meskipun di ruko ada playground outdoornya disamping gedung. Lagi-lagi lupa foto. Nyusul aja deh yaaaa Eng.. apalagi ya?? oiya Free trial juga, insha Allah wiken ini kalo gak ada halangan mau ikutan Trial nya. Cendekia School Ruko Perumahan Griya Aviva Jl. Pipit, Kompas-Bintaro, Kampung Sawah, Ciputat 7403882

PAUD Rama-Rama, Andy Noya

Eaa sekolah lagi yaaa... Masih oleh-oleh wiken kami kemarin ni, so here we go!! Paud ini nama aslinya PAUD RAMA-RAMA. Sering lewatin Andy Noya, kirain gue tuh lembaga apa ya? apa ada hubungannya dengan Andy F. Noya yang di Metro TV? Iseng-iseng kemarin gue kesana. Terus gue sedikit mengadakan sedikit keisengan sama mba-mba adminnya. "Mba, lembaga ini apakah punya nya Andy F. Noya? "Iya betul buk" "Yang di Metro TV itu????" (pake adegan shock gitu) lebayyyyy "Iya buk" (mba-mbanya sambil ketawa gitu) padahal di dinding udah ada gambar Andy Noya nya loh, ya penegasan lah, kali-kali aja gitu ya nyatut nama doang Andy Noya Learning Centre namanya, Gue pikir disini tempat kursus aja loh, ternyata ada PAUD sampai TK juga. Nama PAUDnya Rama Rama. Lembaga ini menempati sebuah ruko, kayak Sekolah Ibu Kelinci lah gitu. Jaraknya juga lumayan deket 1.5 km dari rumah. Metodenya pake nasional dan montesori. Bahasa pengantarnya pake bahasa ing