Skip to main content

Menu MPASI 8 Bulan

8 Bulan
Ngomong2 menu MPASI, 8 Bulan dah hemat energi deh, bener! :)
Mulai jarang blenderan maksudnya *red:pake blender*, Masak pun cukup pake panci aja sementara si Takahi cukup berumur 3 hari didapur, selanjutnya panciiiiii :))

Bahan Makanan yang dipake waktu 8 Bulan:
Beras Putih/Merah
Kentang
Ubi
Labu parang/ kabocha
Labu Siyem
Buncis
Brokoli
Wortel
Daun katuk
Tahu/tempe
Ceker ayam
Salmon
Telur ayam kampung (ambil kuningnya aja)
Ayam kampung
Evoo (Extra Virgin Olive Oil)
Segala Buah
Keju (pake merk: D*amond)
Unsalted butter (pake merk:Orch*d) 
Belut
Teri nasi basah

 Bubur
  • 8 bulan masih bubur saring tapi dah mulai kasar (bisa)
  • 8 bulan 2 minggu bubur saring diselipin butiran nasi tim utuh bertahap (bisa)
  • 8 bulan 3 minggu dah murni nasi tim utuh (bisa)
  • Perlahan meninggalkan si EVOO karena doi sukanya nasi yang pekat, klo pake EVOO jadi rada buyar nasinya.
Buah
  • Prefer buah yang empuk jadi bisa dikerok halus, tanpa musti diblender dulu seperti alpukat, jeruk medan, pisang, pepaya.
  • Mangga, apel, pir (jarang banget) masih diblender dengan sedikit air, atau dibikin finger food ajah gitu, jadi apel, pir dipotong kecil seukuran kelingking biar diemut-emut sama Farrell.
Jadwal makannya: 

  • Bangun tidur minum jus/pure buah sekitar jam 06.00-06.30 (kudu wajib, walaupun buahnya cuma seiprit)
  • Sarapan buring (bubur saring)/bubur tim habis mandi pagi sekitar jam 07.30
  • Makan Siang jam 12.00
  • Makan Sore jam 17.00 habis mandi sore, kadang molor ke jam 18.00

Jadwal minum ASI selama bundanya kerja:
  • Frekuensinya jadi lebih sering, don't know why? selama ditinggal ke kantor rata2 abis 4 botol @100ml. Berarti konsumsi ASIP nya lebih banyak dari umur sebelumnya yang 6-7 bulan gitu.

Eniwei gue concern banget pada tekstur makanan dan buah.
Tekstur makanan:
Melihat pengalaman saudara yang anaknya ampe umur 4 tahun makan nasi kudu diblender! ampe kondangan aja kagak bisa makan tuh anak gara2 gak bisa makan nasi *catet*. Masalahnya sepele cuma biar gampang makannya jadi kebablasan ampe gede deh. Aselik bikin gue panikdotcom! Meskipun demikian gue gak maksain lah Farrell umur 8 bulan kudu makan nasi bulet2 pake tahu goreng gituh hauhahahaha, semua harus melalui tahapannya, dan gue yakin Farrell pasti bisa. InsyaAllah umur 1 tahun udah bisa makan nasi dan lauk pauknya bareng bunda papa yaa :)
 Buah:
Berguru dari pak Wied maka gue menerapkan bangun tidur Farrell sebisa mungkin harus masuk buah duluan, baru minimal 30 menit kemudian bubur tim nya. Soale buah itu bagus dikonsumsi saat perut kosong. Buah merupakan makanan setengah jadi yang gampang dicerna, tentunya yang dah matang yak, bagusnya lagi matang dipohon. Konsumsi buah setelah menyantap makanan akan bereaksi kurang baik bagi metabolisme tubuh. Karena buah akan memfermentasikan makanan yang kita konsumsi. Pola ini gak hanya diterapkan ke Farrell, tentunya Ibu dan Bapaknya juga. Alhamdulillah, walaopun sesekali kita berdua suka kecolongan susu dan roti duluan *uhuks* mulai terbiasa memulai hari dengan makan buah dulu. So, kalo memang si buah ini bagusnya begitu kenapa gak kita coba? demi kesehatan tentunya. Aamiin.

Untuk menu 8 bulan, saya banyak berguru dari naning mulai dari bahan, resep, dan merk bahannya hauhahaha. Monggo ceki-ceki blognya naning :)

Sekian untuk hari ini, semangat masak MPASI Homemade ya buebuuu... :*

Comments

  1. rafa tadi pagi jga ngemil mangga....hehehe
    trus uda bisa makan nasi plus sop di kondangan mulai 1 taun...ngeliatin orang2 pada makan dy jga kepengen...padahal sebelumnya cma dikasih buah aja kalo pas kondangan...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah ciyus makan sop pas kondangan? aww bakalan gue contek ya nanti pas Farrell dah udah 1 tahun ihiiy.

      Abisnya kebayang wajah ngilernya dia pas kita makan di acara kondangan gituh, masa celam2 ya? T.T

      Delete
  2. *uhuk* ada yang disebut namanya :p

    Btw aku masi obsesi sama teri basaahhh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ubek2 h*permart bun, ono kok si mungil teri nasi ituh teronggok manis diantara jejeran ikan2 jumbo:)

      Delete
  3. harus sering2 mampiiiir neh akuuu.. belajar dari bunda rereee :D

    ReplyDelete
  4. makasihh,,,ilmunya bunda!!! salam kenal :)

    ReplyDelete
  5. buahnya untuk pagi dikukus dulu g mom??

    ReplyDelete
    Replies
    1. ak gak pernah ngukus buah mom, langsung diparut atau diblender aja untuk pagi/siang/malam.

      Delete
  6. Bundanya kerja kan ya? Kaloasak2nya malem cara simpennya gmn? Trus ngangetinnya gmm?

    ReplyDelete
    Replies
    1. simpen di kulkas bawah, nanti diangetin kayak ngangetin asip aja mba :)

      Delete
  7. Terimakasih ilmunyaa bun☺ btw untuk makan buah pagi harii buah apa aja bisa kan yaa bun?*kecuali yg tdk dianjurkan untuk baby.. misal pagi2 makan buah naga atau jeruk gtu😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. buah naga atau jeruk selama matang dan rasanya manis, sah sah saja kok :). Moga bermanfaat yaa

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review Sekolah Harapan Ibu

Hallo mamaaa... pingin tau biaya sekolah tahun depan? *pura-pura gak baca* Ini untuk tahun ajaran 2016/2017 ya buibuu.. diposting karena baru dapet brosur Sekolah Harapan Ibu Pondok Pinang aja, dan kayaknya kejauhan juga kalo F sekolah disana (Jakarte bok.. antar propinsi dong besok kalo jadi sekolah disana), jadi monggo siapa tau ada yang mau tau biaya di Sekolah Harapan Ibu check this out ... :)

Cendekia School

Sekolaan lagiii... biarin yaaa, mumpung masih seger ni bundanya. Eaa lagi-lagi ini sekolaan masih lumayan deket dari rumah. Sekitar 500 meter lah. Disini programnya ada: Kiddy class (Seminggu sekali, hari Sabtu) Nursery Kindergarten 1-2 Disini sekolahnya bilingual, meskipun di ruko ada playground outdoornya disamping gedung. Lagi-lagi lupa foto. Nyusul aja deh yaaaa Eng.. apalagi ya?? oiya Free trial juga, insha Allah wiken ini kalo gak ada halangan mau ikutan Trial nya. Cendekia School Ruko Perumahan Griya Aviva Jl. Pipit, Kompas-Bintaro, Kampung Sawah, Ciputat 7403882

Susu Bumil

Sebagaimana umumnya tau, klo hamil itu harus memperhatikan asupan gizi yang berimbang agar baby yg masih didalem perut ibunya dapat berkembang dengan sempurna dan sehat. Amin. Setiap ibu pastilah menginginkan yang terbaik untuk anaknya, ya thoo??. Apapun pasti akan dilakoni, termasuk minum susu khusus untuk ibu hamil. Susu bumil! maksud gue susu khusus untuk ibu hamil ihihiihi. Hiyaa.. dari awal menikah gue dan calon suami  *sekarang sudah suami ya :D* sudah merencanakan tidak akan menunda2 untuk hamil. Sebagai persiapan menyambut datangnya kabar bahagia itu, gue browsing2 tentang perencanaan kehamilan yang diantaranya kondisi kedua pasangan harus dalam keadaan sehat. Sehat itu yang bagaimana? macem-macem ya bu diantaranya makan 4 sehat 5 sempurna, dan bergaya hidup sehat macemnya olahraga dan menghindari junk food, merokok. Nah untuk yang wanitanya niy, bisa ditambahin dengan mengkonsumsi suplemen seperti asam folat untuk mengoptimalkan kesehatan rahim dan calon baby kelak. pic